9/24/11

INFORMASI HAJI BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

      Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima yang harus dilaksanakan oleh umat islam bila ia mampu baik dalam hal materi ataupun spritual, Asrama haji adalah merupakan salah satu bentuk lembaga yang bertugas untuk  Melayani masyarakat yang ingin mengadakan perjalanan ibadah haji. adapun sebelum Mengadakan perjalanan ibadah haji para petugas haji terlebih dahulu menyusun, Prosedur data haji maupun jadwal-jadwal kegiatan lainnya.    
Selama ini pihak masyarakat mengalami kesulitan dalam mendapatkan Informasi   keberangkatan dan kepulangan jama’ah haji yang khususnya pada Asrama  Haji Embarkasi Medan. Biasanya masyarakat harus menghubungi pihak Asrama Haji terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi keberangkatan dan ke pulangan Jama’ah haji, Sesuai dengan permasalahan di atas yang menjadi latar belakang, Penulis berkeinginan untuk membuat suatu sistem berbasiskan web dimana aplikasi tersebut di harapkan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai ke berangkatan dan kepulangan haji, serta agar dapat mempermudah petugas dalam menyampaikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi haji, atas alasan diatas penulis tertarik mengmbil judul.
       ’’SISTEM INFORMASI KEBERANGKATAN DAN  KEPULANGAN JAMA’AH HAJI PADA ASRAMA HAJI  EMBARKASI MEDAN BERBASIS WEB’’


   
1.2  Tempat dan Waktu Pelaksanaan
1.2.1    Tempat Penelitian Praktek Kerja Lapangan
                Praktek kerja lapangan ini di laksanakan di Asrama Haji Embarkasi Medan yang beralamat di JL. Karya jasa pangkalan mansyur Kec. Medan Johor kota Medan.
            1.2.2    Waktu Pelaksanaan Penelitian Praktek Kerja Lapangan
Peraktak kerja lapangan ini dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Medan pada tanggal 1 November 2010 – 1 November 2010
1.3  Tujuan Penelitian Praktek Kerja Lapangan
Praktek kerja lapangan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sifat professional dan kedisiplinan yang diperlukan mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Adapun tujuan praktek kerja lapangan ini antara lain:
a.       Menumbuhkan dan mengembangkan sifat professional, disiplin kerja sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
b.      Untuk lebih memahami penerapan ilmu pengetahuan dibandingkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan dengan ilmu yang diperoleh di perusahaan tempat melaksanakan praktek kerja lapangan.
c.       Agar lebih memahami peraturan-peraturan di perusahaan dalam melaksakan praktek kerja lapangan.
d.      Meningkatkan hubungan kemitraan antara lembaga pendidikan dengan masyarakat dan badan-badan usaha.
e.       Untuk meningkatkan rasa percaya diri.


1.4. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.4.1. Tujuan Penelitian
Tujuan dari pengembangan sistem informasi haji yaitu mengefektifkan dan         mengefesiensikan kegiatan-kegiatan pengolahan data disetiap bagian yang ada di Asrama Haji, yaitu sebagai berikut:
1.      Memberikan pelayanan kebutuhan akan informasi kepada semua para calon haji dan pihak lain yang nantinya akan membutuhkan informasi tersebut.

1.4.2    Manfaat Penelitian
            Adapun manfaat dari penelitian adalah:
1.      Sebagai masukan Asrama Haji dalam menyajikan informasi yang cepat dan tepat kepada pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.
2.      Penulis dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang di terima selama ini di bangku perkuliahan dan menerapkannya di lapangan agar menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa.

1.5.      Metodologi Penelitian
            Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu, Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian  merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing.

1.6.      Sistematika Penulisan.
Untuk membahas permasalahan yang lebih jelas dan memberkan hasil yang lebih baik, penulis perlu membatasi permasalahan yang timbul. Adapun batasan-batasan yang di uraikan dibawah ini.

No comments:

Post a Comment