9/24/11

INFORMASI HAJI BAB ll


TINJAUAN TEORITIS

1.1.             Pengartian Sistem
Istilah system berasal dari Yunani yaitu” systema”. Ditinjau dari sudut katanya system berarti sekumpulan objek yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan suatu kesatuan  metode, prosedur, teknik yang di gabungkan dan di atur sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kesatuan yang berfungsi untuk mencapai tujuan. Untuk lebih menditail berikut ini di jelaskan pengertian system menurut bebrapa pendapat para ahli yaitu:
Menurut Drs. John J. Longkutoy (1989, hal 61) “Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari unit-unit kesatuan yang saling bekerja sama dan saling ketergantungan untuk mencapai suatu tujuan usaha tertentu.
Menurut Jogianto Hartono, MBA, PH, D ( 1989 hal 4 )” system adalah merupakan jaringan dari suatu elemen-elemen yang berhubungan dan membentuk suatu kasatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system tersebut.
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY  Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
1.2.          
       Pengertian Informasi
Informasi merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Bentuk informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil pengolahan sebuah database yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada manajemen akan membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data merupakan fakta atau nilai (value) yang tercatat atau mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan system informasi manajemen. Pengertian Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi data, data, system, manajemen

1.3.            Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, dan data.Sistem Informasi adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.
Sistem Informasi menurut Robert dalam Jogiyanto (2000) adalah informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi
1.4.    Pengertian Database
IstilahDatabase” Berawal dari ilmu Komputer yang berarti Database adalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Dengan sistem tersebut data yang terhimpun dalam suatu database dapat menghasilkan informasi yang berguna.
1.5.    Web Server Side
Web awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink yang memudahkan surfer (sebutan bagian pemakai computer yang melakukan penelusuran informasi di internet).
Web juga dapat diartikan sebagai salah satu fasilitas hiperteks untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara dan di data multimedia lainnya dan merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang berhubungan dengan file-file lain yang saling terkait.
Suatu situs web akan dikenal dengan cepat apabila informasi yang disajikannya selalu op tu date atau lengkap. Tetapi ke op tu date dan kelengkapan data merupakan masalah besar bagi pengelola situs. Karena kesulitan untuk melakukan maintenance untuk mengapdate dan melengkapin data. PHP dan database merupakan salah satu solusi yang dapat di gunakan si pengelola tidak perlu harus melakukan proses editing dokumen HTML, tetapi cukup dengan melakukan penambahan atau perubahan dalam database maka pengelolahan situs sudah dapat melakukan maintenance situs webnya.
1.6.     HTTP ( Hypertext Transfer Protocol )
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah Protocol jaringan lapisan aplikasi  yang digunakan untuk Sistem Infornasi terdistribusi kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP  yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP  bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web ( World Wide Web Consortium/ W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP.
1.7.     WWW ( Word Wide Web )
WWW (Waring Wera Wanua), merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data  dan informasi  untuk dapat digunakan bersama.  WWW adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar,suara, video, dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat eektronikl, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan yang server/peladennya tersebar di lima benua termasuk indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.  Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML, (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala.  Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.



1.8.     DFD ( Data Flow Diagram )
Data flow adalah gambaran system secara logika, keuntungan menggunakan DFD adalah  memudahkan pemakain/user yang kurang menguasai bidang computer untuk mengerti sistem yang akan di kerjakan atau dikembangkan.
                                                        
2.8. DFD (DaTa Flow Diagram )
                        Data flow adalah gambaran sistem secara logika. Keuntungan menggunakan DFD adalah memudahkan  pemakai/user yang kurang mengusai bidang komputer untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan atau dikembangkan.
   Dibawah ini penulis jelaskan arti lambang-lambang DFD yaitu:

1.                                                      External Entiti ( kesatuan luar ), merupakan kesatuan dilingkungan luar sistem yang dapat memberikan Input dan menerima Output dari luar sistem.


2.                                                      Proses adalah suatu kegiatan atau kerja yang dilakukan orang, mesin atau komputer yang berfungsi untuk mengolah arus data yang masuk kedalamnya atau input, kemudian dari proses itu menghasilkan arus data atau Output.

                                                        
3.                                                      Sebaiknya dalam proses menggunakan nama yang mengacu pada fungsi, yaitu gabungan antara kata kerja yang spesifik dan objeknya. Pemberian no proses adalah untuk memperjelas sistemematika sehingga tidak menjadi masalah urutan nomor prosesnya dan untuk identifikasi serta memudahkan penurunannya kepada level yang lebih rendah.
                                                                                                        
4                                                                                                              Data Store (simpan data), simpanan data itu dapat berupa suatu database pada sistem komputer.

Data Flow (arus data), arus data mengalir diantara proses simpanan data kesatuan luar yang menunjukkan arus data masukan atau keluaran.

No comments:

Post a Comment